Memang bisa Investasi dengan Modal Rp.100.000​

Kebanyak dari anak muda bahkan orang tua yang saat ini masih menganggap bahwa investasi adalah sesuatu yang cukup menakutkan dan lebih baik dihindari, bagaimana tidak Investasi selalu dikaitkan dengan kata “Penipuan” karena ada beberapa pihak yang malah melakukan Investasi bodong ataupun karena kebanyakan dari orang-orang belum paham dan mengetahui dasar tentang Investasi itu sendiri serta tidak tepat dalam memilih Manajemen Investasi.
 
Kalau ditanya “ Memangnya bisa Investasi hanya dengan Modal Rp. 100.000 ”, jawabannya bisa karena sekarang ini banyak sekali Manajemen Investasi yang menawarkan Produknya dengan Minimal Deposit Rp.100.000. Tapi sebelum kita mengetahui bagaimana cara berinvestasi dengan modal Rp.100.000, hal pertama yang harus kita ketahui adalah mengetahui terlebih dahulu Istilah-istilah yang akan kita temui saat kita ingin berinvestasi.
 
Yuk pelajari istilah-istilah dasar dalam Reksadana.
 
Apa itu Reksadana ?
Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), definisi reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI), untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.
 
Apa itu Manajemen Investasi ?
Manajemen investasi sendiri berperan sebagai pengelola dana yang terkumpul dari sekian banyak investor yang nantinya oleh Manajemen Investasi dana tersebut akan diinvestasikan baik pada Portofolio efek seperti SBI, Obligasi, dan Saham.
 
Apa itu Bank Kustodian ?
Bank Kustodian sendiri berperan dalam menyimpan dana atau portofolio milik investor serta melakukan penyelesaian transaksi dan administasi reksadana.
 
Apa itu Prospektus ?
Prospektus adalah dokumen yang berisi informasi detail mengenai sebuah produk reksa dana, mulai pembentukan reksa dana hingga keterangan mengenai penyebarluasan prospektus dan formulir pembelian unit penyertaan reksa dana serta pembubaran atau likuidasi reksa dana. Ini biasanya sebagai acuan untuk menentukan pilihan reksa dana jenis apa yang akan dipilih.
 
Apa dasar Hukum Reksadana ?
Menurut Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, Pasal 1 ayat 27 :
“ Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajemen Investasi “
 
Apa itu NAB ?
Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat itu.
 
Apa itu Portofolio Investasi ?
Portofolio Investasi adalah kumpulan instrumen investasi yang dimiliki oleh seseorang ataupun perusahaan. Secara sederhana, pengertian portofolio meliputi kumpulan aset investasi, bisa emas, reksa dana, properti, obligasi, saham, dan instrumen investasi lainnya.
 
Apa itu Fund Fact Sheet ?
Fund fact sheet adalah laporan produk reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan manajer investasi yang berisi tentang kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan, dan informasi portofolio. Fund fact sheet biasanya hanya 1 halaman dan berisi ringkasan tentang reksa dana.
 
Saat kita sudah memahami istilah-istilah dasar investasi langkah yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mempelajari dan mencari Manajemen Investasi Reksadana saham yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.
 

Kita bisa memulai dengan mencari tahu informasi terkait Reksadana tersebut melalui Prospektus serta mengunjungi website dari Reksadana Saham yang kita inginkan, kemudian kita juga bisa melihat performa kinerja Manajemen Investasi dan Reksadana tersebut pada Fund Fact Sheet setiap produk yang dikelola oleh Manajemen Investasi tersebut.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana kinerja dari Manajemen Investasi tersebut karena semakin baik kinerja Manajemen Investasi maka dana yang kita percayakan pengalokasiaannya kepada Manajemen Investasi tersebut akan membuat Dana Investasi kita berkembang dan juga memiliki keuntungan.

Ingat Investasi bukan jalan pintas untuk kita memperoleh untung besar dalam waktu singkat, kita perlu mengingat bahwa investasi sendiri memiliki resiko yang tidak akan bisa kita hindari hanya bisa kita minimalisir oleh karena itu sebagai seorang investor kita pun harus mampu menanamkan sikap tenang jika terjadi kerugian dan menunggu hingga dana kembali normal.

 
 

Jl. Jend. Sudirman No.842

Maleber, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40213

Phone: (022) 20589164

Home

Product

Portofolio

Support

Profile